Smk Sirojul Huda 3 Bogor menerima pendataran bagi siswa/siswi tahun 2012/2013

Senin, 24 Oktober 2011

Bogi Power Car UNY Raih Juara Umum Pertama di KMLI III

KORANBOGOR.COM, BOGORMobil listrik hasil karya mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali dikukuhkan sebagai juara umum dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) III.
Kompetisi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tingggi (Dikti) tersebut berlangsung di Politeknik Negeri Bandung pada 21-23 Oktober lalu. Dalam kompetisi tersebut, 11 mobil listrik karya mahasiswa dari seluruh Nusantara berlomba untuk menjadi yang terbaik.
Tim UNY yang mengikuti kompetisi ini merupakan gabungan dari mahasiswa Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA). Mereka adalah Yuni Nurfiana (FMIPA), Sukci Winanti (FMIPA), Essy Purwaningtyas (FMIPA), Brilian Prasetyo (FT), Rizki Edi (FT), Nirmala Adhi Yoga (FT), dan Tafakur (FT).
Menurut Yuni Nurfiana, Ketua Tim UNY, mobil yang diberi nama Bogy Power Car tersebut mampu melaju hingga kecepatan 80 kilometer (km) per jam dengan jarak tempuh 46 km untuk sekali pengisian baterai.
“Mobil ini menggunakan empat baterai 12 volt, 40Ah seperti yang digunakan mobil pada umumnya. Sedangkan sumber penggeraknya, yakni empat dinamo DC tanpa sikat dengan daya 2.000 Watt dengan output power sekira 12 tenaga kuda,” ujar Yuni seperti dikutip dari laman UNY, Selasa (25/10/2011).
Mobil berwarna merah menyala ini merupakan prototipe mobil listrik dengan dimensi lebar 128 cm, panjang 180 cm, dan berat 184 kilogram. Pengemudi Bogi Power Car, Brilian Prasetyo mengungkapkan, mobil yang dibuat sejak Februari 2010 ini telah menorehkan banyak prestasi di ajang KMLI.
“Dalam KMLI, mobil ini telah mendapatkan dua kali gelar juara umum, satu kali menjadi juara dua, serta meraih lebih dari delapan juara pada kategori lainnya,” ujarnya.
Kompetisi KMLI kali ini mengusung tema Mobil Listrik Kendaraan Efisien dan Bebas Polusi dan melombakan lima kategori, yaitu katagori uji daya tanjak, uji akselerasi, uji pengereman, uji kecepatan dan uji efisiensi.
Bogi Power Car meraih nilai tertinggi pada tiap kategori, terutama uji daya tanjak dan uji efisiensi, maka akhirnya dinobatkan sebagai juara umum pertama. Untuk juara umum kedua ditempati oleh Tim GX-Titen dari Universitas Jember dengan mobil Titen GX-3. Sementara, posisi juara umum ketiga dihuni Tim HMTM STTNas dari Sekolah Tinggi Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta dengan mobil Speeder II Revolution.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar