Smk Sirojul Huda 3 Bogor menerima pendataran bagi siswa/siswi tahun 2012/2013

Selasa, 22 November 2011

Tarhib Sambut Muharam 1433 Hijriah Digelar Sabtu Sore

                                                                          (Ilustrasi)
BOGOR, KORANBOGOR.COM - Tarhib Muharam menyambut Tahun Baru Islam menjadi tradisi yang dilakukan oleh umat Islam di Kota Bogor. Kedatangan tahun baru Islam 1 Muharam 1433 Hijriah, disambut suka cita oleh ribuan umat Islam di Kota Bogor.

Tarhib akan dilaksanakan pada Sabtu (26/11/2011), dengan rute Balaikota Bogor-Masjid Nurul Mai PDAM Tirta Pakuan Bogor. Tahun ini diperkirakan peserta tarhib akan mencapai 10.000 peserta, mulai dari ormas Islam se-Kota Bogor, partai politik, organisasi kepemudaan, dan warga Kota Bogor.

Kepala Bagian Kemasyarakatan Kota Bogor  Dodi Achdiat selaku Ketua Panitia Tarhib Muharram 1433 H mengatakan bahwa kegiatan menyambut tahun baru Islam kali ini akan diawali dengan shalat Ashar berjamaah di Masjid At-Taqwa, Balaikota Bogor. Dilanjutkan dengan pembacaan doa akhir tahun bersama 1432 H.
“Sesudah doa akhir tahun, mulai persiapan Tarhib. Pawai akan dimulai sekitar pukul 15.30 WIB,” jelas Dodi.

Lebih lanjut Dodi menuturkan, rute tarhib dimulai dari Plaza Balakota Bogor. Setelah dilepas di Balaikota, peserta beriringan akan berpawai sepanjang jalan dengan rute Balaikota-Pasar Bogor- Suryakencana-Siliwangi-Masjid Nurul Mai PDAM Tirta Pakuan Bogor.


“Finish di Masjid Nurul Mai diperkirakan sekitar pukul 17.00 WIB. Setelah beristirahat, kegiatan akan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh ustad Suryadi Qori. Setelah itu dilanjutkan dengan Tauziah,  Shalat Magrib Berjamaah dan pembacaan doa awal tahun 1433 H,” jelas Dodi.

Tausiah akan dipimpin oleh KH. Tajudin Hasan, Imam Besar Masjid Istana Kepresidenan Jakarta. Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1433 H mengambil tema “Tahun Baru Islam 1433H merupakan momentum perubahan menuju masyarakat yang dinamis, berahlak mulia, menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan moral bangsa.”

Dodi mengimbau agar masyarakat Kota Bogor ikut memeriahkan kedatangan Tahun Baru Islam 1433 H dengan bertarhib bersama. Peserta maupun masyarakat yang ingin mengikuti Tarhib dapat berkumpul di Plaza

Balaikota pukul 14.00 WIB dengan mengenakan pakaian muslim putih.
Untuk melancarkan kegiatan pawai, Dodi menjelaskan sepanjang rute pawai akan diberlakukan penutupan jalan di titik-titik persimpangan.  Penutupan jalan diperkirakan akan berlangsung selama 1-1,5 jam, sejak pukul 15.30 – 17.00 WIB.

Rote jalan yang akan ditutup dimulai dari titik persimpangan Kapten Muslihat-Juanda, Kantor Batu-Juanda, Paledang-Juanda, depan Bogor Trade Mall, simpang Pasar Bogor-Otista, sepanjang Suryakencana-Siliwangi hingga titik finish di Masjid Nurul Mar’i PDAM Tirta Pakuan.


Kami mohon maaf kepada masyarakat atas terganggunya kelancaran berkendaraan di sepanjang rute pawai,” ujar Dodi. (ys)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar